11 Mei 2011: Pertidaksamaan

Ki pikir, mungkin berbagi tentang keseharian Ki bisa jadi sesuatu yang beda.

Jurnal ini akan berisi tentang keseharian Ki yang apa adanya. Yang berusaha untuk membuat segalanya lucu, menyenangkan, dan bersemangat. =)

Rabu, 11 Mei 2011, ±09.15 WITA

Wah, mendadak Ki bingung mau mulai cerita dari mana! Sama bingungnya dengan saat Ki mau mengerjakan soal pertidaksamaan. =S

Well, intinya, sih, tadi Ki belajar matematika bab pertidaksamaan di les. Kebetulan yang mengajar adalah seorang dosen yang bersuara menggelegar. Berkali-kali beliau menegaskan, “Hati-hati kalau mengerjakan soal pertidaksamaan! Banyak jebakannya!”

Tadi kami mengerjakan 11 soal, tapi rasanya beliau mengatakan itu sampai puluhan kali. Tiap membahas 1 soal—yang caranya sampai menghabiskan 1 papan dan membuat Ki selalu terpekik, “Watde…?!”—beliau selalu menunjukkan jebakan-jebakan yang ada. Dan salah satu menghindari jebakan tersebut adalah dengan metode irisan yang membuat Ki harus bengong selama beberapa menit untuk memahaminya.

Maksud beliau, sih, agar kami jadi lebih berhati-hati dalam mengerjakan soal, terutama dalam kasus pertidaksamaan. Tapi Ki jadi mendapat kesimpulan lain: jangan mengerjakan soal pertidaksamaan agar tidak terjebak! (Not recommended).

Yah, kalau di luar matematika pun, pertidaksamaan juga banyak jebakannya. Bayangkan, tiap manusia pasti punya perbedaan—entah itu perbedaan dalam sudut pandang, pendapat, atau tujuan. Bila kita tidak berhati-hati dalam menghadapi pertidaksamaan itu, pasti tidak akan ada kedamaian di antara kita.

“Jadi, bila ingin damai, mengerti dan pahamilah pertidaksamaan tersebut.”

Dengan demikian, diharapkan kita bisa saling mengerti dan tidak terjebak dalam keegoisan masing-masing. Kita juga bisa menggunakan metode irisan matematika dalam kasus ini, dengan cara hanya mengambil persamaan sudut pandang atau pendapat atau tujuan yang ada dari pertidaksamaan tersebut. =)

-Ki Aori-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s