12 Juni 2011: Tips Menjadi Orang Fleksibel

Minggu, 12 Juni 2011, ±12.12 WITA

Orang-orang perfeksionis memiliki sisi baik. Mereka akan melaksanakan pekerjaannya sepenuh hati dan tentunya lebih berhati-hati karena tidak ingin hasil pekerjaannya cacat. Tapi sering mereka malah terbebani dengan sifat sempurna itu. Salah satu cara agar tidak terbebani adalah dengan mengubah sifatnya menjadi lebih fleksibel.

Orang yang memiliki sifat fleksibel biasanya bergerak berdasarkan situasi dan kondisi saat itu. Bisa dikatakan tergolong spontan—berbeda dengan orang perfeksionis yang bekerja berdasarkan rancangan. Biasanya orang perfeksionis akan terbebani saat rancangan itu terhambat di tengah jalan. Pada saat itulah, ada baiknya bila si perfeksionis sedikit mengambil sifat fleksibel, yaitu dengan cara menjalankan rencana terakhir yang sesuai dengan situasi dan kondisi saat itu.

Rencana terakhir yang dimaksud adalah rencana spontan untuk mengganti rancangan awal yang tidak bisa dilanjutkan. Contohnya, saat kamu ingin ke pesta dengan sepatu warna pink. Tapi menjelang lima menit sebelum keberangkatan, sepatu pink itu tidak ditemukan. Biar tidak stres sendiri, lebih baik kamu memakai sepatu lain yang saat itu ada. Dengan demikian, kamu bisa pergi ke pesta tanpa terlambat dan tanpa keringat berlebihan karena stres mencari sepatu pink tersebut.

Atau dengan merencanakan banyak rencana. Jadi, saat merencanakan sesuatu, jangan hanya membuat plan A. Tapi juga buat plan B, plan C, atau sampai plan Z++ bila perlu. Itu untuk mengantisipasi bila plan A tidak bisa berjalan. Bila rencana-rencana telah disiapkan, tentu kita tidak perlu terbebani lagi saat ada hambatan.

Selamat mencoba menjadi orang fleksibel! =D

-Ki Aori-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s