25 Juli 2011: Jangan Mati Konyol!

Senin, 25 Juli 2011, ±12.30 WITA

Semua orang berhak hidup, walau pada akhirnya ditakdirkan untuk meninggalkan dunia ini. Ada banyak cara untuk mengakhiri hidup, tapi paling tidak, kamu tidak boleh mengakhirinya dengan cara yang konyol. Intermezzo. =P

Well, semua orang pasti punya harapan. Dan semuanya pasti berkata, “Harapanku berada lurus di depan sana.” Bukannya, “Harapanku lurus, terus ketemu pertigaan. Nah, di pertigaan itu belok kanan. Ketemu gang kecil di sebelah kiri, lalu masuk gang itu. Harapanku tidak jauh dari mulut gang. Di sebelah kanan, yang ada pohon jambunya.” Idiiih. Itu harapan atau ancer-ancer rumah Pak RT?

Tapi, dalam perjalanan mencapai harapan atau tujuan, jalannya memang tidak selamanya lurus. Mungkin nanti, di tengah perjalanan, kamu benar-benar akan bertemu dengan persimpangan di mana kamu harus memilih.

Misalnya, kamu sedang mencari rumah seorang teman. Tentu kamu berharap rumahnya mudah ditemukan. Kamu pasti akan berjalan menyusuri jalan besar dan beraspal yang kamu kenal. Tapi kemudian, jalan lurusmu terhalang oleh perumahan, dan yang ada hanyalah jalan kecil berkerikil yang mengarah ke kanan atau ke kiri. Tentu kamu harus memilih. Bisa dengan menggunakan logikamu, atau dengan cara menelepon temanmu untuk menanyakan denahnya lebih lanjut. Bila kamu nekad tetap ingin berjalan lurus dan menggunakan bom untuk menghancurkan perumahan tersebut, salah-salah kamu sendiri yang terkena bom. Itu yang Ki maksud dengan mati konyol.

Begitu jugalah dengan harapan. Bila kamu sampai di persimpangan, kamu harus memikirkannya dengan pikiran yang jernih. Atau kamu juga bisa berkonsultasi dengan orang yang kamu percaya. Kalau kamu nekad memilih jalan yang jelas-jelas tertutup, itu namanya menghalalkan segala cara dan itu buruk. Itu berarti harapan/tujuanmu telah membutakanmu.

“Biarkan kamu yang mengendalikan tujuanmu, bukan sebaliknya.”

Jika jalannya tidak sesuai dengan kehendakmu, maka percayalah kalau jalan yang Tuhan berikan akan lebih baik. =)

-Ki Aori-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s