8 Agustus 2011: Takut Adalah…

Ki pikir, mungkin berbagi tentang keseharian Ki bisa jadi sesuatu yang beda.

Jurnal ini akan berisi tentang keseharian Ki yang apa adanya. Yang berusaha untuk membuat segalanya lucu, menyenangkan, dan bersemangat. =)

Senin, 8 Agustus 2011, ±16.00 WITA

Untuk menghadapi rasa takut, kita harus tau sebab rasa takut itu. Mudah mengatakannya. Tapi takut itu apa? Well, menurut Ki, takut adalah suatu bentuk dari rasa tidak nyaman.Contoh, orang takut gelap karena saat dia berada dalam suatu tempat yang gelap, dia langsung teringat dengan hantu atau rampok atau pembunuh—pokoknya yang seram-seram. Orang takut ketinggian karena dia cemas kalau dirinya terjatuh. Orang takut ular karena dia ngeri membayangkan bisanya. Tentu pikiran itu sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Kenapa bisa terbayang pikiran-pikiran yang menakutkan? Menurut Ki, itu disebabkan saat merasa tidak nyaman, orang akan merasa lebih waspada. Dan orang yang waspada cenderung akan lebih berantisipasi. Nah, pikiran-pikiran menakutkan itulah yang tanpa sadar membantu antisipasi.

Contoh, orang yang takut gelap karena membayangkan hantu akhirnya berantisipasi dengan membaca doa. Orang yang takut ketinggian karena cemas kalau jatuh akan mencari pegangan yang kuat. Orang yang takut ular karena mengkhawatirkan bisanya akan memilih untuk menjauhi ular tersebut.

Bila tindakan antisipasi telah dilakukan seperti contoh di atas, maka kita akan menjadi lebih tenang. Itulah gunanya pikiran yang menakutkan. Rasa takut juga bisa menghindarkan kita dari bahaya. Namun, sering pikiran-pikiran menyeramkan yang menyerang seseorang malah membuatnya menjadi semakin takut, bukannya berantisipasi.

Yah, penyebab rasa takut berbeda tiap orangnya. Seorang kuli yang tidak peduli dengan penampilannya bisa tetap santai walau wajahnya berkeringat, berminyak, dan kotor. Di lain sisi, satu jerawat saja mungkin sudah membuat seorang model kalang kabut.

Well, ini semua hanya berdasarkan pemikiran Ki. Mungkin bisa membantu. =)

Dan untuk urusan medis seperti fobia, Ki tidak mengerti. Haha.

-Ki Aori-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s